Selasa, 02 Maret 2010

Google Translate Wahana Belajar Bahasa

Google Translate Wahana Belajar Bahasa

Dimuat KR 1 Maret 2010

Oleh: ANTON PRASETYO



Perkembangan zaman yang semakin tak terelakkan menuntut kaum muda membuka mata, mengetahui beragam informasi. Tanpa adanya informasi yang lengkap, meski mempunyai intelektual tinggi dipastikan tak dapat bersaing dengan baik. Apalagi saat ini pasar global terbuka dengan selebar-lebarnya. Siapa yang menguasai informasi, dirinya yang akan menang.

Hanya saja hingga saat ini di lingkungan kita banyak generasi muda yang ingin memperluas cakrawala ilmu pengetahuan dan informasi, tidak menguasai banyak bahasa. Padahal, benar kata pepatah, “bahasa adalah jendela dunia”. Dengan penguasaan bahasa seseorang akan dapat melahap berbagai sumber informasi (cetak dan elektronik). Banyak upaya yang telah dilakukan generasi muda untuk dapat menguasa beragam bahasa. Mereka mengkuti kursus, membeli kamus dan membeli segudang buku. Hanya saja pada kenyataannya tak memperoleh hasil yang maksimal.

Banyak alasan yang dapat diajukan kenapa para generasi muda kita tak dapat menguasai bahasa meski beragam upaya telah ditempuh. Pada dasarnya beragam upaya tesebut bisa menghantarkan mereka meraih tujuannya, mahir berbahasa, hanya saja mereka terbentur dengan banyaknya aktifitas yang meski dilaluinya. Selain belajar bahasa mereka harus kuliah, memperluas jaringan, bergaul dengan teman dan lain sebagainya. sehingga dari sini kesempatan untuk membuka-buka kamus dalam rangka mendapatkan kosa kata baru tak dapat maksimal.

Padahal tanpa adanya kosa kata yang dikuasai, tak mungkin seseorang akan dapat menguasai bahasa dengan baik. Bahkan saat dirinya menguasai struktur bahasa asing secara keseluruhan, tetap saja tak bisa menguasainya tanpa adanya kosa kata dalam benaknya. Berakar dari sinilah kosa kata dalam bahasa asing menduduki peran penting dalam mempelajari bahasa asing.

Segendang sepenarian dengan keterbatasan waktu generasi muda dalam mendapatkan kosa kata baru (baca: membuka-buka kamus), google translate bisa dijadikan penggantinya. Dengan hanya mengetikkannya kata yang diinginkan seseorang akan mendapatkan arti kata sesuai dengan bahasa yang diinginkan. Tidak hanya itu, google translate juga mampu menerjemahkan frase, kalimat, paragraf hingga satu tulisan utuh. Dari sinilah google translate akan sangat membantu para pembelajar bahasa, khususnya yang ingin mendapatkan kosa kata dengan cepat.

Kendati demikian, meski google translate dapat menerjemahkan kata hingga satu buah gagasan dalam bentuk tulisan secara cepat namun perlu diperhatikan, terjemahan yang ada tidak 100 persen benar. Dalam mengartikan kata perkata bisa saja diperoleh arti yang benar. Namun demikian ketika sudah masuk ke dalam kalimat atau yang lebih panjang darinya, hasil terjemahan kadang tidak sesuai dengan maksud teks. Sehingga dari sini google translate baik digunakan sebagai wahana mendapatkan kosa kata baru secara cepat, sehingga keterbatasan waktu yang dimiliki generasi muda tak menjadi alasan untuk tidak belajar bahasa. Wallahu a’lam